Pintu Masuk Kaimana di Kampung Tanggaromi, Minim Fasilitas

0

KAIMANA, KT- Salah satu pintu masuk untuk akses ke Kota Kaimana yakni Kampung Tanggaromi, hingga saat ini minim fasilitas.

Hal tersebut, dikhawatirkan menjadi bumerang bagi warga Kaimana setelah pelaku perjalanan dari wilayah lain di Papua Barat, datang ke Kaimana menggunakan transportasi darat, di tengah pandemi covid 19 saat ini.

Kepala Desa Tanggaromi, Jony Namsau dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (27/5/2020) mengaku, hingga saat ini kondisi pengamanan di Kampung Tanggaromi masih perlu didukung.

“Kami ini merupakan salah satu pintu masuk yang mestinya menjadi perhatian pemerintah. Sampai dengan saat ini memang ada kebijakan yang kami ambil yakni menggunakan dana kampung, namun itu pun sangat minim untuk membeli sejumlah sarana dan fasilitas penunjang dalam rangka upaya antisipasi tersebut,” ujarnya dengan nada kecewa.

Dia pun mengaku, terkait dengan pembentukan satgas covid 19 di Kampung Tanggaromi, sudah dilakukan pihaknya, namun karena keterbatasan anggaran sehingga hal itu tidak berjalan sampai dengan saat ini.

“Di pelabuhan Tanggaromi ini, setiap hari orang lalu lalang dan masuk dengan bebasnya. Kita butuh cairan disinfektan dan biaya operasional petugas, namun hingga saat ini belum ada alokasi anggarannya, sehingga setiap orang yang datang dan keluar masuk kampung ini bebas begitu saja,” tambahnya.

Dia mengatakan, seharusnya, di pintu masuk Kampung Tanggaromi ini, sudah ditempatkan sejumlah aparat mulai dari aparat Kepolisian, TNI, petugas kesehatan termasuk dengan petugas dari Dinas Perhubungan.

“Kalau say mau itu, setiap orang yang masuk melalui Tanggaromi ini pun dilakukan pemeriksaan dan pola pengamanan seperti yang dilakukan di Bandara dan Pelabuhan laut. Kita tidak tahu ini virus ada atau tidak, tetapi upaya antisipasi itu harus kita lakukan dengan segera,” tegasnya.

Kepala Kampung yang membawahi 47 KK ini lebih lanjut berharap agar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung termasuk dengan Satgas Covid 19 Kabupaten Kaimana, bisa mengambil langkah untuk melakukan sejumlah aktivitas pengamanan di pelabuhan Tanggaromi.(ANI-R1)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Ini Terlindungi !!!
Please disable your adblock for read our content.
Segarkan