Serahkan Bantuan Covid 19, Gubernur Mandacan Sambangi Kaimana

0

KAIMANA, KT- Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan Senin (14/9/2020) mengunjungi Kabupaten Kaimana.

Kedatangan Orang Nomor Satu di Provinsi Papua Barat itu, pemberian bantuan stimulus dan bahan pokok bagi pengrajin terdampak Covid-19 di Kabupaten Kaimana, termasuk penyerahan bantuan tangan kasih pemerintah Papua Barat kepada pekerja formal dan informal, serta pembagian bahan pokok, bagi lembaga organisasi keagamaan.

Pada acara tersebut dihadiri oleh. Gubernur Papua Barat, Bupati Kaimana, Drs. Matias Mairuma, beserta Forkopimda, Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa, Ketua Dekranasda Provinsi Papua Barat, Ny. Juliana Mandacan. Dekranasda kabupaten Kaimana, Sekda Kaimana dan Asisten I Setda Kaimana, para pimpinn OPD, para tokoh agama dan tokoh masyarakat dan para undangan lainnya.

Gubernur Mandacan dalam sambutan mengatakan dalam revisi APBD di Papua Barat, telah dialokasikannya sejumlah dana untuk penanganan covid 19 yang mengacu pada SK Menteri Keuangan RI dan Menteri Dalam Negeri untuk menginstruksikan, kepada semua kepala daerah, Gubernur dan Bupati di seluruh indonesia.

“Olehnya, kami telah mengalokasikan sejumlah dana covid, dalam hal ini jaringan pengaman sosial terutama bahan pokok. Bantuan ini lebih diarahkan untuk masyarakat yang terdampak pada ekonomi masyarakat, terutama sektor informal dan formal yang terkena PHK maupun yang tidak bisa melaksanakan aktivitasnya dan hanya berada di rumah saja,” ujarnya.

Dengan demikian,lanjut Gubernur, berdasarkan data yang diterima dari semua Kabupaten/Kota, maka dialakokasikan dana tersebut sebagai jaringan pengamanan sosial, yang diberikan dalam 3 tahap.

“Tahap pertama sudah kita serahkan, bertempat di Bandara ini juga, kemudian tahapan kedua, yang sebentar akan dilakukan. Dengan tangan kasih Pemerintah Provinsi Papua Barat kepada pekerja informal dan formal ini, untuk bahan kebutuhan pokok sebesar 48,6 miliar. Dana tersebut untuk menangani sebanyak 82.963 paket di seluruh Provinsi Papua Barat. Sementara untuk jaringan pengaman sosial dan tangan kasih, disediakan dana sebesar 58,1 miliar,” jelas Gubernur.

Dikatakan, di Papua Barat ada 32.317 KK dan untuk Kabupaten Kaimana sendiri ada sekitar 3.784 KK untuk tahap pertama dan kedua dengan jumlah yang sama.

“Untuk Kaimana kita alokasikan dana sebesar 6,8 miliar. Dana tersebut dipergunakan untuk pengadaan bahan kebutuhan pokok yang disalurkan melalui lembaga keagamaan sebanyak 3.951 paket,” tegasnya.

Gubernur pun sangat berharap agar Untuk mari selama Pandemi Covid 19 ini, warga Kabupaten Kaimana tetap mengikuti protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Pandemi Covid 19 di wilayah ini.(REN-R1)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Ini Terlindungi !!!
Please disable your adblock for read our content.
Segarkan