Dana BST yang Belum Dibagikan ke 3 Distrik di Kaimana, Karena Faktor Cuaca

0

Penyerahan bantuan langsung tunai (BLT) yang disalurkan melalui Kantor Pos Kaimana.(FOTO: DOK)


KAIMANA, KT- Dana bantuan sosial tunai (BST) yang digulirkan oleh Kementerian Sosial RI dan bukan bantuan langsung tunai (BLT), hingga saat ini, 3 distrik di wilayah Kabupaten Kaimana, belum dibagikan.

Hal tersebut menyusul kondisi cuaca Kaimana yang tidak bersahabat menyebabkan, pembagian BST tersebut ditunda hingga saat ini. Meski, pembagian BST tahap kedua, sudah mulai digulirkan untuk warga di distrik lain oleh Kantor Pos Kaimana.

“Benar, hingga saat ini kita belum distribusikan ke masyarakat untuk wilayah 3 distrik itu, karena factor cuaca. Bahkan, hal ini pun sudah kami laporkan ke Dirjen dan penyaluran dananya sudah diblok oleh Dirjen. Kalau sudah diijinkan, kami akan segera salurkan,” tegas Koordinator Program Penanganan Fakir Miskin Kemensos untuk Kabupaten Kaimana, Maria TH Winda Sangur, S.Sos, yang berhasil dikonfirmasi melalui saluran telepon selulernya, Selasa (8/9/2020).

Dikatakan, dananya saat ini sudah ada di Kantor Pos Kaimana dan tinggal penyalurannya saja.

Disinggung soal meski dana tahap pertama di 3 distrik tersebut belum dibagikan, namun BST tahap kedua ini sudah dibagikan, kata dia, dirinya tidak memiliki kewenangan terkait dengan hal itu.

“Kalau Dinas Sosial dan Kepala Kantor Pos sudah menyepakati untuk dibagikan, kami hanya melakukan pengawasannya saja, termasuk menyampaikan datanya. Saya juga sempat sampaikan ke tim kami, kenapa tahap kedua ini sudah dibagikan, sementara tahap pertama untuk 3 distrik itu belum dibagikan,” ujar Winda Sangur yang mengaku saat ini sedang berada di Bandung untuk sebuah kegiatan.

Disinggung soal berapa KK penerima BST di 3 distrik tersebut yang belum disalurkan, kata dia, untuk datanya kurang terlalu tahu pasti, karena masih tersimpan di laptop.

“Untuk datanya lengkap ada pada kami, namun karena kegiatan ini, Laptopnya ada di Kaimana,” pungkasnya.

Sementara itu, seperti yang diberitakan media ini sebelumnya, jumlah alokasi dana BST tahap pertama yang digulirkan oleh Kementerian Sosial RI untuk 1.969 KK ditambah lagi 80-an yg dikucurkan langsung melalui rekening masing-masing BRI dan BNI adalah sebesar Rp. 3.544.200.000.(ANI-R1)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Ini Terlindungi !!!
Please disable your adblock for read our content.
Segarkan