Bapenda Kaimana Siap Terapkan Retribusi RSUD Online

0

Rapat Koordinasi Penerapan Retribusi RSUD Secara Online. | Foto: ARJ-KT


KAIMANA, KT Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kaimana, dari tahun ke tahun terus berupaya untuk membenahi pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan ini tidak hanya pelayanan pembayaran pajak, tetapi juga pelayanan pembayaran retribusi secara online.

Salah satu retribusi yang juga akan diterapkan system online adalah pembayaran retribusi RSUD Kaimana. Hal ini dijelaskan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kaimana, La Bania, S.Sos ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (13/2) kemarin.

“Kalau pembayaran pajak untuk masyarakat ini kan sudah dari beberapa waktu lalu kita sudah terapkan online. Olehnya untuk retribusi, khususnya retribusi RSUD juga kita akan terapka online dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

La Bania juga mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan pimpinan Bank Papua, IT Bank Papua, IT Bapenda dan Direktur RSUD. “Kami sudah bicarakan hal ini bersama. Artinya ini juga untuk kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Pihak bank dan RSUD sudah menyepakati hal ini, sehingga dalam waktu dekat, kalau semuanya sudah siap, baru kita mulai berlakukan,” ujarnya.

Langkah yang diambil Bapenda untuk menerapkan system online retribusi RSUD ini, untuk mewujudkan pelayanan yang sederhana tetapi transparan. “Ini yang selalu ditegaskan pak bupati, ketika hadir dalam kegiatan yang terkait dengan pajak dan retribusi, bahwa penarikan retribusi maupun pajak ini, harus dilakukan dengan transparan dan tidak menyulitkan masyarakat. Untuk itu, kami tanggapi hal ini, dengan menerapkan system online, yang sebenarnya akan sangat memudahkan kami, tetapi juga memudahkan masyarakat,” lanjutnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya akan terus berbenah diri, untuk memperbaiki kendala-kendala yang selama ini terjadi. “Pada prinsipnya pemerintah ini kan tugasnya melayani masyarakat. Untuk itulah, system online ini ada, untuk memudahkan masyarakat karena sederhana, akuntabel, tetapi juga transparan. Itu yang selalu menjadi motivasi bagi kami dan seluruh staf, dan kami harus mencapai harapan kami tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bank Papua cabang Kaimana, Hengky D. Wandosa mengungkapkan bahwa Bank Papua pada prinsipnya akan selalu memberikan support kepada pemerintah daerah Kabupaten Kaimana, terutama pada system pembayaran pajak dan retribusi online. (ARJ-R2)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Ini Terlindungi !!!
Please disable your adblock for read our content.
Segarkan