Kadis PPO Kaimana: Sekolah Diharapkan Berinovasi di Tengah Pandemi Covid 19

0

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kaimana, Luther Rumpumbo.(FOTO: ANI)


KAIMANA, KT-  Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Kaimana, Luther Rumpumbo, berharap agar di tengah pandemi covid 19 ini dan persiapan belajar tatap muka yang akan dilaksanakan pada September 2020 mendatang, agar sekolah tidak berhenti melakukan inovasi.

“Perubahan matode pembelajaran dan inovasi-inovasi lainnya, diharapkan mulai dikembangkan oleh masing-masing sekolah, baik PAUD, TK, SD hingga ke SMP. Karena jika tidak mulai dikembangkan, maka tentu akan menyulitkan bagi siswa dalam rangka pengembangan kualitas sumber daya manusia di daerah ini,” ujar Kadis Luther, saat memberikan keterangannya usai mengikuti sebuah kegiatan di gedung Dewan belum lama ini.

Dia menambahkan, sejak masa pandemi covid, memang sekolah tidak berjalan efektif dan ini berlaku untuk semua daerah di Indonesia.

“Namun tidak harus pihak sekolah membiarkan sekolahnya dan anak didiknya tanpa adanya proses belajar mengajar. Kalau di Kota memang dilakukan dengan daring, ada juga dengan modul berupa tugas-tugas. Kalau untuk di kampung-kampung, bisa saja dilakukan dengan modul atau tugas, bahkan bisa melakukan kunjungan guru ke rumah, sehingga proses belajar tetap berjalan,” ujarnya.

Berkaitan dengan pembelajaran tatap muka, kata dia, tentu Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, akan mengelurakan petunjuk teknis pembelajaran tatap muka di kelas.

Dikatakan, untuk itu, sekolah sudah harus bisa memikirkan matode pembelajaran dan inovasi lain seperti apa, yang bisa dikembangkan pada saat pemberlakuan tatap muka di kelas tersebut.

“Artinya, pasti jam pembelajaran bagi siswa akan dikurangi dari normalnya, begitu pula jumlah siswa pun minimal pasti akan dibatasi. Untuk itu, masing-masing sekolah sudah harus mempersiapkan diri untuk pelaksanaan proses tatap muka tersebut, yang akan dikolaborasikan dengan kebijakan yang akan diambil oleh Dinas Pendidikan,” tegasnya.(ANI-R1)

 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Ini Terlindungi !!!
Please disable your adblock for read our content.
Segarkan