Minimalisir Sebaran Malaria, SSR Yasoba Sambangi Kampung Sisir Kaimana

0

KAIMANA, KT– Yayasan Sosial Pengembangan Kawasan Timur (Yasobat) kunjungi warga Kampung Sisir II pada Sabtu (17/04/2021). Kunjungan tersebut, disambut baik oleh sejumlah Pemerintah Kampung serta warga setempat.

Kunjungan dengan agenda, kerja bakti sosial bersama masyarakat kampung sisir II, yang bermuara pada pelayanan serta kepedulian, guna meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga dan merawat lingkungan, agar terhindar dari penyakit malaria.

Kepala SSR Yasoba Kabupaten Kaimana. Slamet Laway. S.STP saat ditemui wartawan, Sabtu,(17/4/2021) menegaskan bahwa, setelah teman-teman melakukan pelatihan di kota Sorong pada beberapa pekan yang lalu, terkait dengan mengeliminasi penyebaran penyakit malaria di beberapa kabupaten yang ada di Papua Barat khususnya Kabupaten Kaimana.

Lebih lanjut Slamet Laway menuturkan, kami dari Yayasan Yasobat yang bergerak dibidang malaria, bekerja sama dengan Perdhaki dan dibiayai oleh Global Fund (GF), di bawah naungan Keuskupan Manokwari Sorong (KMS)

“Sejalan dengan program pemerintah daerah, khususnya Dinas Kesehatan, bahwa pada tahun 2030, penyakit malaria harus sudah tereliminasi dari tanah papua, khususnya di wilayah Papua Barat,”Ujarnya.

Oleh karena itu, di Kabupaten Kaimana telah dibentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yakni, UKBM Kampung Trikora, UKBM Kampung Coa, UKBM Kampung Tanggaromi, UKBM Kampung Waho dan UKBM Kampung sisir II, sehingga pada hari ini, Yayasan Yasoba melakukan kunjungan disalah satu wilayah UKBM, yakni Kampung Sisir II.

“Slamet Laway melanjutkan, Tujuan dilaksanakan kunjungan ini, pada dasarnya memperkenal diri, serta menyampaikan kepada masyarakat dan pemerintah kampung”ungkap.

Pada bulan depan Yayasan Yasobat akan melaksanakan otriting dan diskusi kampung terkait dengan penyebaran malaria, dari data yang ditemukan di lapangan bahwa penyakit malaria masih tinggi grafiknya berada pada angka 9.

“Kedepan untuk Kabupaten Kaimana sendiri, akan dilaksanakan pemeriksaan malaria gratis upaya ini, akan terus lakukan pihaknya, agar bisa menekan angka malaria”tandasnya. (REN-R1)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Ini Terlindungi !!!
Please disable your adblock for read our content.
Segarkan