Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Mulai KKN di Distrik Nimbokrang Papua

0

JAYAPURA, KT- UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka), akhirnya menerjunkan mahasiswanya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), ke Provinsi Papua. Kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama UIN Suka dan Badan Amil Zakat (Baznas) Jayapura ini, dilaksanakan di Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

KKN dengan mengusung tema Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui Program Papua EMAS (Ekonomi Masyarakat Sejahtera), disambut Kepala Distrik dan Kepala Kampung Nimbokrang.

“Ya kita senang sekali dengan kedatangan teman-teman dari KKN UIN Sunan Kalijaga. Masyarakat di sini memang sedang membutuhkan penyegaran-penyegaran baru,” ungkap Kepala Distrik Nimbokrang, Wellem Wouw.

Sementara itu, Dosen Pembimbing, Very Julianto, dalam penjelasanya mengatakan, di tengah gejolak pandemi Covid-19 kolaborasi mahasiswa asal Papua dan non-Papua UIN Suka, telah merancang KKN yang diberi nama kampung halaman.

Dikatakan, mengingat edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor B-713/DJ.I/Dt.I.III/TL.00/04/2020 Bidang Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian kepada Masyarakat, salah satu alternatif KKN di tengah pandemi yakni nmelalui online.

Dia pun meyakini, jika program-program yang dirancang diantaranya; Papua Berkarya, SDM Unggul Papua Maju, dan Papua Gemilang Virtual Event, dapat meningkatkan taraf ekonomi kerakyatan warga Nimbokrang, Jayapura.

“Peran mahasiswa melalui KKN dalam membangun konstruksi sosial masyarakat sangat dibutuhkan. Kedudukan mahasiswa sebagai agent of change dan kontrol sosial, diharapkan bisa merubah tatanan masyarakat menjadi lebih baik, melalui semangat juang yang tinggi, pemikiran kritis, kreatif dan inovatif,” harapnya.

Meski tidak semua anggota tim KKN Papua UIN Suka diterjunkan karena pandemi Covid-19, namun dia lebih lanjut mengatakan, dengan semangat dan sinergitas antara UIN Suka, Baznas, dan lembaga lainnya, diharapkan bisa memberikan dampak positif untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan di Nimbokrang, Jayapura.(GUN-R1)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Ini Terlindungi !!!
Please disable your adblock for read our content.
Segarkan