Kabar Triton Gelar Dialog Pemilu Damai di Kaimana

0

KAIMANA, KT- Media Kabar Triton, yang merupakan salah satu media streaming di Kabupaten Kaimana, Rabu (7/6/23) menggelar, dialog kebangsaan yang menghadirkan para calon anggota legislative, baik di DPRD Kabupaten Kaimana maupun DPRD Provinsi Papua Barat serta calon anggota MRP Papua Barat.

 

Dialog kebangsaan yang bertemakan, Bangun Kebersamaan, Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa demi Keutuhan NKRI, Jelang Pemilu 2024 dan Seleksi MRPB guna Menciptakan Kondisi Kamtibmas yang Kondusif di Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat, dihadiri juga oleh Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Kaimana, Djafar Werfete, sebagai keynote speaker.

 

Hadir pula, para kepala suku dari 8 suku besar asli Kaimana, yang dilaksanakan di Café Dijiku, Jalan Batu Putih Krooy Kaimana.

 

Kepala Kantor Kesbangpol Kaimana, Djafar Werfete dalam pandangannya mengatakan, pelaksanaan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang, untuk Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden secara serentak adalah momentum pesta rakyat yang perlu dijaga bersama, sebagai hajatan bersama, agar pemimpin yang dipilih ke depannya adalah pemimpin yang benar-benar memajukan bangsa dan Negara ini, terkhususnya di Kabupaten Kaimana.

 

Djafar dalam pandangannya juga mengatakan, pesta demokrasi ini adalah tanggungjawab bersama, sehingga demokrasi yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan amanat undang-undang, dalam mendorong bersama kondusifnya keamanan dan kenyamanan di daerah.

 

Dia juga berpesan kepada seluruh partai politik peserta pemilu, agar terus menerus melakukan pendidikan politik kepada masyarakat, sehingga masyarakat yang memiliki hak suaranya dapat dengan suka cita tanpa paksaan dan janji politik dari partai dan kader partai manapun, untuk menyampaikan hak suaranya di TPS pada Hari Kasih Sayang, 14 Februari 2024 mendatang.

 

Sementara dalam Dialog tersebut juga dihadirkan 3 nara sumber yakni Brain William Kendi Caleg dari Partai Demokrat untuk DPRD Kabupaten Kaimana, Maria Taboka calon Anggota MRP Provinsi Papua Barat dan Somat Puarada, calon Anggota DPRD Kaimana dari PDI Perjuangan.

 

Brian William Kendi, saat ditanyakan host yang dipandu, Pemimpin Redaksi Kabar Triton, Paskalis Junior Ohoiledjaan, mengatakan, membangun kebersamaan adalah point penting dalam pelaksanaan Pesta Rakyat di tahun 2024 mendatang.

 

Kebersamaan yang dibangun menurut Brian, adalah sebuah keharusan dalam menciptakan pelaksanaan Pemilu yang aman, nyaman dan damai.

 

Olehnya, lanjut dia, penting bagi seluruh kader partai politik untuk memberikan edukasi politik bagi masyarakat.

 

Sama halnya dengan Brian, calon Anggota MRP Provinsi Papua Barat, Maria Taboka dalam pandangannya mengatakan, pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang adalah tanggungjawab seluruh masyarakat. Karena, pesta ini diberikan oleh Negara bagi rakyatnya, untuk memilih pemimpin agar membawa kesejahteraan bagi rakyatnya.

 

Olehnya, menurut Taboka, penting bagi partai politik dan kader partai politik, tidak menggunakan berbagai cara untuk menghasut rakyat, terutama dengan money politik, karena hal itu akan merusak tatan demokrasi. Biarlah, rakyat memilih sesuai dengan hati nuraninya, agar pemimpin yang terpilih nantinya adalah pemimpin yang benar-benar membawa kesejahteraan bagi masyarakat di wilayah ini.

 

Somat Puarada, salah satu nara sumber lainnya dalam pandangannya mengatakan, membangun kebersamaan jelang pelaksanaan Pileg 2024 mendatang, adalah sebuah keharusan dalam merawat kekeluargaan yang telah digariskan oleh leluhur sejak dulu kala di Kabupaten Kaimana.

 

Somat dalam pandangannya juga mengatakan, tidak ada perbedaan dalam berpolitik, hanya berbeda pandangan saja, tetapi hal itu tidak boleh dijadikan sebagai penghalang dalam membangun Negara ini.

 

Untuk itu, dia pun meminta semua kader partai politik, untuk melepaskan ego serta tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan dalam mendorong pesta dekokrasi yang berkualitas di Kabupaten Kaimana.

 

Dialog Kebangsaan yang dilaksanakan selama 3 jam lamanya itu juga menghadirkan beberapa peserta, diantaranya, Ketua PSI Kaimana, Ruhullah Aituarauw, Tokoh Pemuda Kaimana, Sony Tana, Calon Anggota DPRPB dari PKB, Rusli Ufnia, Ketua Bappilu PSI,  Anis Rahayaan, Ketua Alpekam, Brian Wariensi bersama salah seorang pengurusnya, Kanisius Lamawuran, Ketua Koboy Literasi Kaimana, Rey Rumlus dan Caleg dari Partai Gelora, A.S. David.

 

Usai Dialog dilanjutkan dengan penandatangan berita acara bersama, kesepakatan bersama Pemilu Damai yang dilakukan secara bersama, termasuk mendatangani kesepakatan bersama di atas spanduk yang disiapkan panitia.

 

Pada pelaksanaan dialog kali ini juga, sejumlah pembicara menginginkan agar, dialog yang dilaksanakan oleh Kabar Triton, harus tetap dilaksanakan dan tidak berhenti sampai di sini saja.(CR10-R1)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Ini Terlindungi !!!
Please disable your adblock for read our content.
Segarkan