Tura : Saksi, Pilar Penting bagi Parpol

0

Faizal Tura, SH Kasubag Teknis Penyelenggara Pemilu Bawaslu Papua Barat. | Foto: ARJ-KT


KAIMANA, KT- Saksi merupakan pilar yang penting dalam Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu. Hal ini karena keterlibatan saksi di TPS, sangat menentukan harapan serta cita-cita dari satu parpol. Bukan saja itu, kecerdasan saksi juga diperlukan ketika berada di TPS.

Hal ini disampaikan oleh Kasubag Teknis Pengawasan Penyelenggara Pemilu Bawaslu Papua Barat, Faizal Tura, SH kepada Kabar Triton ketika dikonfirmasi Selasa (19/2) lalu.

“Saksi ini mungkin menjadi pilar yang sangat penting bagi partai politik. Jika saksi ini salah, saya fikir apa yang teman-teman parpol perjuangkan selama ini, sampai dengan proses perhitungan suara nantinya, akan sia-sia. Oleh karenanya, saksi ini memegang peranan penting pada saat pungut hitung. Memang Bawaslu dengan inisiatifnya, mereka sudah memberikan pelatihan. Hal ini juga harus didukung oleh partai politik,” ujarnya.

Menurutnya, karena memegang peranan penting, maka partai politik harus merekrut saksi parpol ini sesuai dengan kriteria tertentu, salah satunya cerdas. “Ini memang sudah ranahnya partai politik. Kami hanya memberikan pandangan saja. Terkait pengajuan saksi ini, kiranya diperhatikan baik, dan kriterianya juga harus jelas, sehingga saksi benar-benar bekerja sesuai tupoksinya dan tentu harus fokus dan awas. Kesalahan sekecil apapun akibat kelalaian saksi, maka akan berdampak langsung pada kepentinga partai politiknya,” ungkapnya.

Tura juga menyarankan agar materi-materi tambahan harus diberikan oleh partai politik, untuk memperkuat fungsi dan tugas seorang saksi. “Selain pembekalan yang digelar oleh Bawaslu, diharapkan juga partai politik bisa memberikan materi tambahan, terkait pemilu. Sehingga bisa memperkuat peran saksi, terlebih untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” lanjutnya.(ARJ-R2)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Ini Terlindungi !!!
Please disable your adblock for read our content.
Segarkan