Di Kaimana, Pj. Gubernur ABT Buka Pencanangan Tanam Jagung

0

KAIMANA, KT– Penjabat Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere (ABT) melakukan kunjungan kerja di Kaimana. Kedatangan Pj Gubernur tersebut dalam rangka kegiatan pencanangan tanam jagung di Kaimana.

Setelah tiba di Bandara Utarum ABT bersama rombongan, disambut dengan prosesi adat yakni, tarian, penggalungan noken serta pemakaian mahkota cenderwasih dan disambut Bupati Kaimana, Freddy Thie, Wakil Bupati, Hasbulla Furuada, Sekda Kaimana, Donald R Wakum, Forkopimda, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Rabu (10/1/2024).

Pj Gubernur ABT mengatakan, kunjungan kerja ke Kaimana berhubungan dengan tugas yang menjadi tanggungjawab bersama yakni pencanangan tanam jagung dan peningkatan produksi jagung.

‚ÄúPencanangan ini sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri yang berkaitan dengan inflasi daerah yang berhubungan dengan ketahanan pangan. Saya berharap gerakan ini tidak boleh berhenti, tetapi terus berlanjut karena gerakan ini telah menjadi pencanangan nasional, baik TNI-Polri dikerahkan untuk melakukan penanaman, dan jagung diharapkan dapat menjadi arah diverifikasi pangan selain beras,” tegasnya.

Dikatakan, dalam kondisi apapun masyarakat harus dipastikan sehat, aman dan tidak boleh kelaparan, bahan pangan penunjang kebutuhan pokok harus tersedia, ada 5 B yang ditanamkan oleh para petani yakni, bangga menanam, bangga menjual, bangga membeli, bangga memasak dan bangga makan.

Dia juga menambahkan, program 5 B ini berhubungan dari produksi, distribusi, pasar harus bisa dikendalikan sehingga stabilisasi terjadi dari hulu sampai hilir.

Terpisah itu, Bupati Kaimana, Freddy Thie mengatakan, semoga gerakan ini menjadi kearifan lokal dan dapat merangsang semua OPD dan masyarakat, agar dapat memanfaatkan pekarangan yang kosong dengan budaya menanam jagung karena perubahan iklim sangat berpengaruh terhadap semua sektor.(REN-R1)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Ini Terlindungi !!!
Please disable your adblock for read our content.
Segarkan