Sumber Air KM 14 Jadi Alternatif untuk Air Bersih di Kota Kaimana

0

Sumber mata air Km 14, yang bisa dijadikan sebagai alternatif pengembangan sumber air bersih bagi masyarakat Kota Kaimana. (FOTO: ANI)


KAIMANA, KT- Ketua DPRD Kaimana, Irsan Lie, mengaku jika pengembangan sumber air bersih untuk konsumsi masyarakat Kota Kaimana dan sekitarnya, perlu mendapatkan perhatian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kaimana.

Untuk itu, salah satu alternatif sumber air bersih yang bisa memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kota Kaimana dan sekitarnya adalah sumber mata air Km 14.

Hal itu ditegaskan Irsan, ketika dikonfirmasi kembali melalui saluran telepon selulernya, Kamis (13/8/2020).

“Saya piker semua orang sudah tahu kondisi sumber mata air Kali Sukun, yang sebenarnya sudah tidak layak lagi. Apalagi debitnya yang semakin berkurang dan hanya mengcover warga dari Anda Air hingga Kaki Air Kecil, maka ke depannya perlu dipikirkan untuk mencari sumber mata air lain,” tegasnya.

Dia mengatakan, Km 14 merupakan sumber mata air yang cocok untuk menyalurkannya bagi warga Kota Kaimana dan sekitarnya.

“Kita tahu, sudah beberapa kali proyek dari Provinsi dengan dana APBN, namun hingga saat ini masih banyak pipa yang kosong, tidak ada airnya. Nah, ini butuh juga campur tangan pemerintah daerah melalui instansi teknis terkait dalam hal ini Dinas PUPR,” tegasnya.

Dia juga sepakat, selain dari sumber mata air Km 14, tetapi juga sumber mata air di Wermura, yang selama ini dipergunakan untuk masyarakat Kampung Tanggaromi.

“Memang butuh dana yang besar. Tetapi sebaiknya, dilakukan dengan multi years program, kenapa tidak? Kan ini untuk hajat hidup orang banyak,” pungkasnya.(ANI-R1)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Ini Terlindungi !!!
Please disable your adblock for read our content.
Segarkan