Sampel Swab Kaimana yang Hendak Dikirim ke Jakarta, Terbentur Transportasi

0

MANOKWARI, KT- Penutupan sementara akses Bandara DEO Sorong, Papua Barat, berimbas pada tidak beroperasinya sejumlah maskapai ke Papua Barat. Hal ini juga menyebabkan sulitnya pengiriman sampel swab pada mereka yang terindikasi covid 19.

Demikian penjelasan yang disampaikan Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap, saat menggelar jumpa pers, Senin (13/4/2020) di Manokwari.

Dia mengungkap, penutupan akses bandara juga menghalangi pendistribusian bantuan logistik kesehatan seperti Alat Pelindung Diri (APD).

“Ada 53 sampel swab yang masih tertahan karena penutupan akses bandara di Sorong,” jelasnya, Senin (13/4/2020) di posko Covid-19 Papua Barat, di Manokwari.

Hal yang sama juga terjadi di Kaimana, sesuai laporan Satgas Covid-19 daerah setempat. Penutupan akses bandara juga menghambat pengiriman sampel.

“Pemkab Kaimana sempat mencarter pesawat untuk membawa sampel, tetapi batal karena tidak mendapat persetujuan dari maskapai,” paparnya.

Sampel swab yang diambil dari pasien, harus diperiksa di laboratorium Balitbangkes Kemenkes RI di Jakarta.

Sesuai hasil koordinasi dengan Satgas Covid-19 Sorong, 53 sampel swab itu merupakan gabungan sampel yang diambil dari pasien di kota dan kabupaten Sorong.(ANI-R1)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Ini Terlindungi !!!
Please disable your adblock for read our content.
Segarkan