Ikatan Apoteker Donasi APD untuk 3 Rumah Sakit di Kaimana

0

KAIMANA, KT- Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Kaimana, Senin (20/4/2020) menyalurkan donasi alat pelindung diri (APD). Bukan hanya APD saja, tetapi mereka juga menyalurkan suplemen bagi tenaga kesehatan di 3 rumah sakit, yakni RSUD Kaimana, Rumah Sakit Misi St. Martinus dan Puskesmas Kaimana.

Ketua IAI Cabang Kaimana, Susita, S.Farm. APT, dalam keterangannya kepada wartawan usai menyalurkan bantuan itu, Senin (20/4/2020) menyebutkan, APD yang didonasikan saat ini yakni sebanyak 450 masker.

“APD yang kita siapkan saat ini sebanyak 450, yang kita bagikan ke RSUD Kaimana sebanyak 200 unit, Rumah Sakit Misi 110 unit dan Puskesmas 140 unit. Kita sumbangkan masker ini lebih dikarenakan persediaan masker bedah saat ini sudah sangat menipis, sehingga kami yang betugas mengelola persediaan, mengambil inisiatif pembagian masker kain agar dapat menghemat masker bedah,” ujarnya.

Dikatakan, pembagian pun diberikan kepada petugas non medis yang tidak terpapar langsung dengan pasien ODP dan PDP.

“Hal ini dilakukan juga karena penggunaan APD terutama masker, bukan hanya dipakai pada saat pandemi corona saja,  tetapi setelah pandemi berakhir, kami petugas medis dan non medis yang berada di sarana pelayanan tetap harus menggunakan masker bedah, saat berhadapan dengan pasien TBC, Hepatitis dan lainnya. Kami berharap, dengan pembagian masker kain saat ini, dapat membantu menghemat masker bedah sekali pakai yang selama ini disiapkan di rumah sakit,” jelasnya lagi.

Dia mengatakan, selain APD, pihaknya juga menyumbang suplemen bagi para pemantau orang dalam pengawasan (OPD) yang selama ini berada di Balai Diklat Pertanian Krooy.

Di akhir keterangannya, dia sangat berharap kepada warga Kaimana untuk selalu mengenakan masker saat pandemi covid sekarang ini. Dan makser yang dianjurkan oleh pemerintah adalah masker kain, bukan masker bedah, sehingga dengan demikian dapat mencegah penularan dan penyebaran covid 19 di wilayah Kaimana.

Dia juga berterima kasih kepada seluruh Pengurus dan anggota IAI Cabang Kaimana dan semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuannya untuk menyukseskan aksi sosial saat ini.(ANI-R1)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten Ini Terlindungi !!!
Please disable your adblock for read our content.
Segarkan